God's Reminder

Sharing- based on my diary. Wednesday, August 31, 2016
Hari ini aku ngerasa bersalah banget ke Bu Juwita, guru kimia aku. Aku sebel sama beliau. Ceritanya, beliau jelasin materi tentag pelajaran yg udah pernah dipelajari di kelas sebelumnya, tapi penjelasan beliau ini bener-bener bingungin. Aku yg awalnya ngerti sama materi itu tiba- tiba bubar jalan deh tuh materi dalam otak.

Aku inisiatif deh buat nanya ke temen sebelahku tentang materi tersebut. Bu Juwita kan sangat perhatian tuh sama semua murid, jadi beliau keliling kelas sambil nanyain kita ngerti atau engga. Pas nyampe di tempatku, aku ngejutekin beliau gitu, habis udah bete duluan gara- gara penjelasan materi yg disampein beliau. Beliau berusaha ngejelasin berkali-kali ke aku, tapi aku malah ga nangkep apapun dari penjelasannya, kelar deh hidupku.

Beberapa kali beliau nanyain aku masih bingung atau engga, aku jawabnya dengan judes-if you know who i am- terus aku nundukin kepala aku ke bawah meja sambil nangis dikit. Kumat deh cengengku kalo lagi ga bisa. Terus aku buka buku kimiaku lagi buat berusaha ngerti. Tetep aja tuh materi mengudara dan ga mendarat sama sekali di otakku tersayang.

Beliau bingung banget apalagi anak-anak kelas aku waktu itu nggak semangat gitu di pelajarannya beliau. Beliau menerapkan beberapa cara biar kami(aku dan temen-temen kelasku) ga bosen, tapi itu ga terlalu ampuh. Jadi di akhir pelajaran beliau mengimbau kami untuk melepaskan rasa tidak semangat kami pada pelajaran berikutnya. Aku rasa beliau ga mau guru lain merasakan hal yg sama kayak yg beliau rasain pada saat ngajarin kami pas kami lagi moodswing. Ketika beliau ngomong itu, otak aku kayak diketuk pake batu gitu. Ngerasa bersalah. Entahlah perasaan yg selalu ga aku harapin. Aku mikir lagi "dia masih sempet-sempetnya mikirin guru lain di saat dia sendiri kebingungan ngatasi tingkah kami, apalagi aku" kurang lebih kayak begitu. Duh kenapa lagi-lagi aku ketemu orang yg terlalu baik, itu membuat rasa bersalahku semakin menjadi-jadi. Andai Bu Juwita marahin kelasku atau aku karena kami lama nangkap pelajarannya, pasti aku ga bakal nyesel nggak sopan ke beliau.

Aku cerita ke temenku tentang rasa bersalahku itu. Terus dia ngasitau yg intinya, aku memang salah, soalnya aku kalo ga ngerti sama suatu pelajaran langsung badmood lalu ngelampiasin ke orang lain, termasuk Bu Juwita, gitu lah pokoknya. Terus temenku bilang "Bu Juwita itu khawatir sama km, karena kamu ga bsa makanya dia ngajarin terus."

Gila bukannya merasa terhibur sama jawabannya dia, aku malah semakin terpojok. Everything that she said is true! Ya Tuhan, dosaku banyak banget sih T_T apa aku harus minta maaf ke Bu Juwi ya? Ya ampun Bu Juwi ga usah baik-baik kenapa sih?!!! :')

Aku ngerasa dihantam rasa bersalah bertubi-tubi. Pertama aku nyadar kalo aku terlalu banyak mengeluh. Kedua,aku nggak menghargai usaha beliau untuk buat aku ngerti sama pelajaran itu. Ketiga, ga sopan (lagi!). Terakhir, bikin dia bingung sama sikap kami(aku dan temen-temen kelasku). Aku baru nyadar juga kalo selama pelajaran aku ga ngandalin Tuhan. Biasanya kalo di pelajaran eksak yg susah, walaupun aku lama ngertinya tapi aku ngandelin Tuhan, pasti aku ga ngerasa bete or badmood.

Perilaku Bu Juwita saat menghadapi aku dan temen-temen kelasku mengingatkanku pada pengorbanan Tuhan. Sebenernya refleksiku atas kejadian hari ini ada kaitannya dengan kehidupanku dan Tuhan. Seringkali aku juga melakukan hal yg sama ke Tuhan. Selalu nggak respek, nggak taat, banyak deh bikin dosanya. Tapi Tuhan terlalu sangat amat baik ke aku dan semua umat manusia. Sampai akhirnya Dia yg berinisiatif untuk menebus dosa manusia di atas kayu salib. Ga masuk akal tahu nggak, kita yg berdosa, dia yg harus merasakan kesedihan dan penderitaan. Nggak berhenti sampai Dia nebus dosa kita, kita tetep melakukan dosa, hal yg paling dibenciNya. Tapi apa yg Dia lakukan? Selalu mengampuni dan tetap memerhatikan kehidupan kita. Lihat deh, kita itu udah nyakitin perasaan Tuhan, tapi Dia masih mikirin perasaan kita bahkan Dia sangat peduli dengan hidup kita! Sungguh ga tahu diri ya kita ini? Apalagi aku. Aku ngerasa nggak layak banget. Aku tahu perasaan nggak layak ini ga guna untuk dipersembahkan ke Tuhan. Terus kita mesti ngapain? Seperti yg Dia perintahkan. Mengerjakan keselamatan yg Dia berikan. Jadi dampak buat org lain/ jadi garam dan terang dunia. Gampang? Ya enggalah! Makanya kita butuh Dia setiap detik dalam hidup kita untuk melakukan segala hal. Maksudku, kita harus meminta kekuatan pada Dia agar kita mampu mengerjakan keselamatan kita dengan maksimal. Dia sumber segalanya yg membuat kita mampu melakukan segalanya jika kita selalu melekat padaNya.

Kesalahanku ke bu Juwi ini kesalahan yg sering aku lakuin ke orang lain. Gatau deh udah berapa banyak orang yg aku giniin. Aku bener-bener bukan orang yg baik. Aku tau aku harus cepet-cepet bertobat. Oh iya, setelah aku pikir-pikir, Bu Juwita itu seperti reminder yg dikirim Tuhan buat aku. Reminder yg ngingetin aku supaya inget sama pengorbanan Tuhan dan ngelakuin hal yg seharusnya aku lakuin (mengerjakan keselamatanku). Aku yakin setiap dari kalian pasti punya reminder masing-masing yg membuat kalian mengingat Tuhan. Intinya jangan cuma meng-OH-kan reminder itu, tapi beraksilah mengerjakan hal yg sudah diingatkan.

*Kalimat terakhir bukan bagian dari diary aku*
Ending-nya aku bisa ngerti pelajaran kimia di bab yg sempet nggak aku ngerti itu lho wkwkwk. Thank God!

Comments

Popular posts from this blog

New normal Dicetuskan, Masyarakat Sudah Disiapkan?

"Kiri, Pak!" [PART.1]

Her Name Yola