C.O.C


google.co.id


Hei! Ketemu lagi deh. Jangan bosen ya ;)
Pas ngelihat judul di atas kalian mikir aku bakal bahas game bukan? Kalo  kalian mikir gitu berarti kalian salah. Aku orangnya biasa aja kalo main game. Palingan main game itu kalo kepepet nggak ada kerjaan, nggak mungkin kan plonga-plongo, jadi aku butuh-ga-butuh sih kalo main game. Jadi, jangan salah tafsir ya! Judul yg di atas itu kepanjagannya bukan Clash of Clans tapi Chance to Choose. Sebenernya aku mau bahas apasih? Yok dibaca sampe habis :)))

Setiap hari selama kita masih hidup, kita selalu diberikan pilihan. Mau berangkat sekolah atau bolos, mau pake baju merah atau hitam, mau pakai sepatu atau sandal, mau nyoblos (di pemilu) atau golput, mau tidur atau begadang, dan masih banyak lagi. Terkadang kita memilih sesuatu berdasarkan keinginan dan bukan lewat pertimbangan yang matang. Kok memilih itu perlu pertimbangan??? Ya jelas lah hallo!!! Walaupun kita punya hak untuk memilih, tentunya kita nggak mau dong dirugikan oleh pilihan kita sendiri? Maka dari itu kita memerlukan pertimbangan dan hikmat dalam memilih suatu hal. Karena memilih adalah sebuah kesempatan yang mungkin nggak bakal datang dua kali, kita harus bijak saat memilih agar tidak menyesal nantinya. Salah satu kesempatan memilih yang bakal aku bahas yaitu memilih jurusan kuliah. Secara aku udah kelas 12, dan bentar lagi bakal masuk ke jenjang universitas (AMIN) makanya aku bahas ini.

Allrigt, di sini aku bakal pakai sudut pandang campuran, jadi semoga kalian nggak bingung. Aku pakai sudut pandang campuran karena ada hal yang aku tulis itu, lagi aku pelajari juga. Jadi kita lagi berusaha nentuin jurusan kuliah bareng deh! Kalian nggak sendiri peeps! :')

Bagi kalian yang belum nentuin jurusan kuliah nanti, kalian mesti pikirin dari sekarang. Kalau misalnya masih SMP, kalian bisa gali talenta atau passion yang kalian miliki dan mengembangkannya biar lebih mantap. Kalau misalnya kalian sudah menjadi anak SMA, kalian sudah harus tahu nanti setelah lulus mau kuliah jurusan apa dan mau jadi apa. Inget ya, milih jurusan itu nggak seperti milih baju yang bisa nurutin apa kata orang, kecuali kalian masih ragu dengan minat pribadi, kalian bisa minta pendapat orang lain untuk memberikan mengutarakan keahlian atau bakatmu itu sebenernya di bidang apa.  

Hal yang harus kamu lakukan sebelum memanfaatkan kesempatan memilih jurusan kuliah:
1. Berdoa dulu sama Tuhan. Bukannya sok alim atau apa, tapi kalau misalnya kita ingin sekali masuk di sebuah jurusan tetapi kalau Tuhan nggak berkehendak, keinginan kita nggak bakal tercapai seberapa keras usaha yg kita lakuin. Intinya, minta petunjuk Tuhan dulu. Kalau belum dapat petunjuk dari Tuhan, kita bisa meminta penilaian atau rekomendasi dari orang lain tentang kelebihan diri kita dalam suatu bidang. Misalnya, temanmu merasa terberkati karena video pendek yg kamu buat, berarti ada harapan kamu masuk dalam jurusan cinematography atau film.

2. Sebelum memilih jurusan kuliah, usahakan kamu benar-benar memiliki minat di bidang tersebut. Jangan karena disuruh orang tua, atau ikut-ikutan temen, atau biar keren, atau biar nanti kalau kerja dapet uang banyak, JANGAN! Jangan kayak gitu. Aku jamin kalian nggak bakal menikmati masa kuliah kalian. Weteseh, gaya banget aku bilang gitu! Padahal aku belum pernah mengecap bangku perkuliahan lho! Nah, bukan gaya sih, tapi karena aku sering baca artikel tentang jurusan kuliah jadi aku dapet informasinya begitu dan menurut aku itu masuk akal.

3. Belajar dengan tekun. Kita harus sudah melahap semua mata pelajaran dengan baik, kalau pun susah mapelnya setidaknya pas kkm. Karena semua mapel bakal berkaitan dengan bidang yang akan kita ambil nanti(kata Pak Nando, guru aku sih begitu), walaupun nggak semuanya, pokoknya setidaknya kita tahu. Misalnya aja, kamu suka banget pelajaran matematika, terus pengen jadi dosen di jurusan matematika gitu kan tapi nggak suka pelajaran bahasa inggris, yang bener aja! Zaman sekarang itu kemampuan berbahasa asing sangat diperhitungkan dalam pekerjaan. Nanti kalau kalian jadi dosen terus nggak bisa bahasa inggris, nggak malu-maluin apa sama murid-muridmu? Buku referensi pelajaran yang bagus juga kebanyakan pake bahasa inggris. Jadi, mau nggak mau kita mesti berusaha untuk memahami, meskipun nggak mahir.

4. Berdiskusi dengan orangtua. Secara pendapat orangtua itu cukup bermanfaat bagi kita. Kita harus sepaham dulu kalau orangtua itu ingin yang terbaik untuk anaknya, jadi kita harus menghargai pendapat yg mereka berikan. Kalau kamu sudah mantap dengan jurusan yang akan kamu pilih, kamu mesti beberkan semua tentang jurusan kuliah itu ke ortu kalian. Kayak aku nih, aku juga udah ngasi tahu semuanya ke ayah dan mamaku. Aku kan pengen ambil FIKOM, spesifiknya bagian jurnalistik. Jadi, aku paparin deh, dana yg bakal dikeluarin untuk masuk ke univ itu (uspp, spp, almamater, dll), hal-hal yg dilakukan dalam jurusan tersebut, prakteknya nanti gimana, dll. Pokonya kamu harus searching atau nanya-nanya ke yg ahli tentang jurusan yg akan kalian ambil. Biar orang tua tahu dengan jelas dan bisa memikirkannya matang-matang, khususnya tentang dana. Jangan ngasih tahunya itu dadakan, misalnya pas udah mau SBMPTN, terus orangtua kalian belum ada dana, kan ribet jadinya. Intinya kasi tahu jauh-jauh hari. Tapi inget walaupun orang tua sudah ngasi pendapat, keputusan tetap ada di tanganmu ya, kan yang kuliah kamu bukan orang tuamu :3

Oke cuma itu sih tips untuk menggunakan kesempatan memilih jurusah kuliah yg bisa aku kasi ke kalian.

Eh! Tunggu. Aku kutip dari link yg aku baca nih. Pas pertama kali aku baca quote di artikel itu, aku langsung ngangguk-ngangguk kepala, maksudnya bener juga itu quote. Nih qoute-nya:

"Pilih bidang yang membuat lo tertantang... Pilih bidang yang bikin lo penasaran sampai lo rela buat ngulik itu siang-malem tanpa kenal waktu biar gak dibayar sekalipun. Pilih bidang yang tanpa disuruh pun lo curi-curi waktu buat belajar sendiri, atau tanpa sadar suka cari-cari info di internet atau lewat google.. Pilih jurusan memicu 'sense of wonder' dalam diri lo. Pilih jurusan yang bener-bener jadi muara ilmu pengetahuan yang ingin lo tekuni sampai akhir hayat lo..."

https://www.zenius.net/blog/3984/memilih-jurusan-kuliah-pendaftaran-sbmptn 

Kalian bisa baca langsung isi artikel di atas. Pokoknya ngena banget deh!

Oke tunggu C. O. C part 2 ya! wkwkwk. GBU!








Comments

Popular posts from this blog

New normal Dicetuskan, Masyarakat Sudah Disiapkan?

"Kiri, Pak!" [PART.1]

Her Name Yola