1717

Hiking//mendaki gunung= 80% seru, 10% capek, 10% campur aduk. Maafkan statistika abal-abalku.


Kami (aku dan teman-teman) sudah merencanakan untuk mendaki Gunung Batur. Tidak ada ritual yang merepotkan. Untuk pemula sepertiku, aku menyiapkan banyak hal walaupun ada beberapa hal yang terlupa. 

Keberangkatan dimulai dari Denpasar. Kami berangkat dari Denpasar menuju Ubud jam 10 malem, karena nungguin temen-temen yang lain selesai latihan untuk pelayanan. Sampai di Ubud sekitar jam 12 dini hari. Jalanan yang sepi menjadi pemandangan menakjubkan malam itu, selama ini bosan melihat kendaraan yang membuncah di jalan. 


Di Ubud, kami singgah di kosan Acun dan Naomi. Berleha-leha sejenak sambil mengumpulkan segala niat untuk mendaki. Ada yang mengabadikan momen, memejamkan mata (mau tidur tapi ga bisa weeee), cekikikan ga jelas, buang air kecil, buang air besar, buang kebodohan, dan sebagainya. Jam 1 dini hari kami berangkat menuju Batur. Kami berangkat dengan formasi ulat keket. Naomi dan Thalia memandu perjalanan, udah macam tour guide profesional. 

Udara berangsur-angsur dingin. Aku yang sudah mengenakan sweater menambah amunisi tubuhku, maksudnya pake jaket lagi. Dobel kan jadinya, tapi masih aja dingin astagaaaa. 



Members of Black Pink were preparing to go to Mount Batur

Perjalanan dari Ubud ke Kintamani sangat menyenangkan! Aku ngeliat banyak hamparan lampu di tengah malam yg tentunya gelap. Lampu-lampu yang ada di bawah sana berasal dari rumah warga. Aku seolah-olah ngeliat kunang-kunang gitu loh, terangnya temaram tapi banyak. Lucu banget pokoknya! Itu hal yg paling aku suka sih kalo lagi di dataran tinggi pada malam hari. 

Berbicara tentang pendakian. Kami sampai di area pendakian hampir jam 3 subuh. Aku pikir hanya kami pendaki kerajinan yg datang jam segitu, maaf pemula kan norak ya. Ternyata, banyak banget woiii. Aku ngebatin, kalo serame ini gimana cara naiknya? Aku bener-bener ga ada bayangan sama sekali sama rute pendakian yg akan kami tempuh. Berusaha kuat dan semangat saja karena ini aktivitas yang aku idam-idamkan dari dulu.

Rute awal, masih lurus-lurus aja nih, aman. Tapi, nggak tahu kenapa ya, pas baru mulai jalan, perutku udah cekat-cekit. Beneran itu baru berapa menit perjalanan, dodol banget nggak sih wkwkwk. Temen-temen jadi terpaksa berhenti karena aku kram perut. Merepotkan sekalehhhh, dasar aku! Rute berikutnya jalannya mulai sempit kayak jalan setapak gitu. Terus berkerikil, kami juga ngelewatin hutan-hutan gitu, untung itu rame-rame, ga berasa seremnya. Coba jalan sendirian di tengah hutan, subuh-subuh, ihhh...Uda kayak uji nyali aja cuy. Makin naik nih ceritanya, rame banget, jalannya juga kayak ngantri gitu saking ramenya. Di sudut yang agak luas, sesekali kami berhenti untuk istirahat. Orang-orang juga melakukan hal yang sama. Kami ga bisa istirahat di sembarang tempat. Itu bakal ngehambat pendaki lain untuk mencapai puncak lebih cepat. Bayangin aja kamu lagi buru-buru di jalan, terus ada paus nongkrong di tengah jalan sama temen-temennya main capsa, apa ga bikin darah mendidih. 


Kami meminimalisir istirahat agar sampai ke puncak sebelum matahari terbit, tapi nggak maksain jalan terus, kalau ada yg capek pasti cari tempat pemberhentian. Semakin naik, semakin dingin. Kami diterpa embun. Aku nggak tahu pasti itu beneran embun atau hujan ya, habisnya bikin basah. Kata orang-orang sih embun, jadi aku menarik hipotesa itu embun lebay. 

Makih ke atas lagi, jalannya udah makin nggak karuan, yang tadinya banyak suara bercanda, sekarang berangsur-angsur menghilang. Tetep aja sih ada aja yang berusaha nyairin suasana, misalnya Acun atau Jonggi, gila keren banget mereka, aku aja napas rasanya udah empot-empotan. Aku berusaha nggak ngeluh, pengen buru-buru nyampe aja rasanya. 

Hampir sampai puncak nih, jalanannya udah ga jelas banget. Licin, menanjak atau curam atau apalah itu disebut, dan jalannya makin sempit. Rasanya pengen langsung terjun dan pulang lalu tidur, tapi nggak bisa dong. Apa yang sudah dimulai harus diakhiri dengan baik, wetsehhh, ngeri betul perkataan saya wkwkwk. Pengen nangis banget karena ga nyampe-nyampe, namun di titik berat itu aku jadi ngelihat wujud aslinya temen-temenku. Banyak yang bener-bener peduliin orang lain, bahkan berusaha ngelawak biar kami jadi semangat lagi. Perjalanan kami diselingi obrolan-obrolan kecil yang isinya ngejek atau ya ngejek semua sih rata-rata, masa udah keadaan kayak gitu mau ngomongin topik yg berat-berat seperti pilih Jokowi atau Prabowo, nggak cocok banget kan. 

Selain ngelihat temen-temen yang berjiwa peduli dan berdaya juang tinggi, aku juga berkontemplasi sembari terus berjalan. Tiba-tiba aku keinget keluarga aku. Aku jarang banget homesick, entah kenapa pas di situ, memori tentang keluarga berurai. Mau nangis tapi yaapa, nggak punya kekuatan buat nangis. Aku ngerasa jauh banget dari keluarga, aku mikir aneh, kalau misalnya habis ini aku nggak bisa ngeliat mereka lagi gimana ya? Kalau aku nggak kuat ngejalanin hidup aku sendiri mereka gimana ya? Kalau aku nggak bisa ngurus hidupku sendiri dengan baik mereka gimana ya? Aku pengen banget meluk mereka satu-satu, hiya hiya kenapa melow banget sis! Ya perasaan aneh saat mendaki, kangen keluarga. Keluarga kangen aku nggak? hehehe. 



we're surrounding by the heavy fog





This is the caldera of Mount Batur

Kami sampai di puncak sekitar jam 6 pagi. Puji Tuhan banget! Aku speechless. Soalnya nggak keliatan apa-apa, kabut tebal di mana-mana. Sedih sih awalnya tapi lama-lama nggak kok. Kami duduk, nyari tempat PW masing-masing meskipun saling berdekatan. Semua pada makan, cekakak-cekikikan, foto-foto, dll. Di atas rame banget. Aku bersyukur banget bisa sampai di puncak, aku pikir tadi nggak bisa wkwkwk wong di awal aja perutku udah kram, ehh pas menuju puncak aku malah terlalu semangat. Bener-bener nggak nyangka bisa sampai puncak. Di puncak dingin banget, badan basah kuyup, tapi hati terasa hangat, dikelilingi orang-orang bahagia. Beberapa waktu kemudian, kabut menyingkir, tapi kabutnya plin plan banget, ilang-balik-ilang-balik. Ya udahlah ya. Tenang aja, kami sempat melihat pemandangan gunung-gunung tetangga (Gunung Abang, Gunung Agung) meskipun bentar karena tiba-tiba kabutnya muncul lagi.




  Oh iya monumen Batur 1717 mdpl itu kami temui pas mau turun gunung. Perjalanan turun gunung serunya dua kali lipat sih menurutku. Kabutnya mulai lenyap digantikan paparan sinar hangat mentari, widiw. Pemandangannya semakin jelas pas turun gunung. Sumpah pemandangannya keren banget! Aku kagum banget sama karyaNya, bener-bener di luar akal sehat bagusnya. Pengin nangis lagi masa wkwkwk. Saat turun, kita bakal disuguhin dengan pemandangan pohon-pohon, gunung-gunung tetangga, Danau Batur, estetik banget deh! Fyi nih, pas turun aku bolak-balik jatuh merosot, licin puuuooool pak! Sakitnya gara-gara jatuh tadi jadi nggak kerasa karena ngeliat banyak temen yang nasibnya sama kayak aku, ehh engga deng, karena jadi ada bahan lelucon dan rasanya enak sih seluncuran di pasir, cuma bokong lecet aja. 

Tingkah temen-temen yang mulai banyak omong lagi bikin makin semangat jalan. Ada yang kentut-kentut teruslah, ada yang ngelawak garinglah, ada yang teriak-teriak buat ngedengerin gema suaranya sendirilah, banyak deh hal lucu yang aku alami. Semua memori itu bakal aku simpen di benakku. Oh ya ada tragedi pas naik gunung, hampir kelupaan. Jadi sepatu aku rusak, astaga daya tahannya memang buruk, udah lama soalnya, hehehe. Terus aku tetep mendaki pake sepatu itu dong, sumpah itu nakutin sekaligus menantang. Pas di atas puncak, Ka Feby minjemin sepatunya buat aku. Dia pake sandal gunung jadinya, hmmm terharu banget tahu, bayangin ya masih pake sepatu aja udaranya dingin, apalagi pake sandal. Parah banget sih, pelajaran yang bisa diambil dari tragedi ini adalah cek daya tahan sepatu Anda, apakah sanggup menopang jalanan yang ganas, kalau engga ya bawa sepatu cadanganlah ya biar nggak ngerepotin orang lain. 
we're almost freeze, but the bread saved my mouth to made a little move.

selfie with no too many style with this annoying sissy -_-

my kost's crushers '-'

Aku bersyukur banget buat semua hal yang terjadi. Ini pengalaman pertama yang bener-bener memberkati aku. Kalau diajak mendaki gunung lagi gimana? Mau sih, tapiiiiiiii....... Ya liat ntar lah ya wkwkwk. Sampai jumpa di cerita lainnya! GBU!

Trio kupluk

the weather was getting better by themselves, and finally we got to take a picture with clear view! How relief!



This is how i express my love to them which is far away.Whether they like, i don't care wkwkwk.

i was trying standing w/o trembling.


Comments

Kikuk lovers said…
Uwow.. ndaki lagi yuk
Viliabell said…
@Kikuk lovers harus banget ta namamu Kikuk lovers?!!!
Tulisan kamu sangat memberkati😇. Terus berkarya. Ditunggu tulisan berikut nya ya. Godbless

Popular posts from this blog

New normal Dicetuskan, Masyarakat Sudah Disiapkan?

"Kiri, Pak!" [PART.1]

Her Name Yola