Guru Praktikum




 
Ini fotonya ngambil dari BBM. *peace!

Based on my diary. (November 13, 2015. Friday)
Pak Josh. Joshua Simorangkir. Guru praktikum yang besok bakalan hengkang dari SLH Nias. Guru yang nggak aku beri respek (seringnya kayak gitu). Guru yang menurut aku keras kepala. Nyebelin. Sok lucu. Nggak jelas. Kadang-kadang baik. Terlalu frontal. Itu Pak Josh, menurutku. Waktu itu doang.
Pemikiranku itu tetap tertanam sampai tiba-tiba satu hal bikin aku ngerasa jahat banget, dan langsung melenyapkan pemikiran jelekku tentang Pak Josh. Satu hal itu adalah saat Pak Josh nyeritain tentang keluarganya, kehidupannya pas SMA, dan akhirnya sampai sekarang ini tanpa rasa malu.
Beliau anak pertama dari 5 bersaudara (kalo nggak salah, kalo salah maaf ya.). Beliau dari keluarga sederhana tapi memiliki kisah hidup yang nggak sesederhana pemikiranku. Papa-mamanya penjudi dan perokok. Beliau harus usaha sendiri supaya beliau bisa sekolah pada saat itu. Kalian bisa bayangin gimana kalau posisi kita kayak gitu? If I were he, I would spend my life with crying.
Beliau SMA di kabupaten Kampar, Riau. Kata beliau sih di sana sekolahnya di perkebunan sawit gitu. Kalau jalan kaki dari rumah ke sekolah itu bisa memakan waktu sampai 2 jam. Beliau ikut kerja rombongan sama orang-orang yeng lebih tua dari beliau demi biaya sekolahnya. Pada saat itu, beliau sama sekali engga mikir untuk kuliah atau yang lainnya.
Selesai UN, beliau pergi ke Medan. Nggak tahu mau ngapain. Singkat cerita beliau disuruh oleh saudaranya buat nyoba tes UPH, beliau ya ngikut aja, sampai akhirnya beliau keterima. Puji Tuhan! Eh, kalau nggak salah pas beliau lulus SMA papanya meninggal.
*yang ini bukan bagian dari diary-ku*
Dari pertama beliau nyeritaiin tentang keluarganya, air mataku netes terus. Rasanya hatiku tersayat. Terus aku juga ngerasa bersalah sekaligus terharu, semua perasaan bercampur aduk saat beliau sharing tadi. Aku ngerasa bersalah soalnya selama ini aku agak nggak respect sama beliau dan aku nyesel banget, puji Tuhannya waktu hari terakhir beliau di SLH Nias, aku punya kesempatan buat ngungkapin permintaan maafku, aku bersyukur aku masih punya kesempatan itu. Kalau terharu, soalnya beliau adalah orang terkuat yang pernah aku temui, dari kisah hidupnya dia aku belajar buat tegar sama masalah yang aku hadapi. Beliau aja bisa ngadepin masalah di hidupnya dengan kekuatan Tuhan, masa kita nggak bisa?
Banyak hal yang bisa kita pelajari dari kehidupan beliau, misalnya:
1.      Kalau Tuhan udah ngerancangin sesuatu untuk hidup kita, nggak ada yang bisa ngegagalin rencana Tuhan.
2.       Kalau mau mencapai sesuatu itu butuh kerja keras.
3.      Bersyukur kalau sampe sekarang orang tua kita mampu ngebiayain kita sekolah.
4.      Hidup itu bukan cuma buat seneng-seneng doang!
Tuhan sudah merancang hidup Pak Josh. Rancangan Tuhan itu bener-bener luar biasa! Pak Josh sekarang bisa menjadi berkat untuk orang lain lewat kehidupannya. Ini perkataan beliau yang terngiang-ngiang di otak aku sampai sekarang: “Sebenernya hidup itu sia-sia. Hidup kita yang sekarang adalah proses kita untuk menyiapkan kehidupan kekal kita. Jadi sudah seharusnya semua yang kita lakuin itu untuk kemuliaan Tuhan saja.”

Comments

Popular posts from this blog

New normal Dicetuskan, Masyarakat Sudah Disiapkan?

"Kiri, Pak!" [PART.1]

Her Name Yola