My Homeroom Teacher

Namanya Mr. Acep, pria berkacamata dan masih muda ini sangat cerdas. Beliau guru fisika dan olahraga di kelasku - X.MIA- Kelihatannya cuek, padahal ya gak cuek-cuek amat hehe. It's a brief introduction about my homeroom teacher, hihihi.

Setelah kurang lebih setengah tahun beliau menjadi wali kelasku di kelas X aku rasa beliau relatif sama seperti wali kelas lainnya, mulai dari mengamati nilai-nilai murid di kelas, menegur kalau ada yang salah, dll. Tapi bagusnya, Mr. Acep nggak terlalu cerewet dan jarang banget marah, tapi bukan acuh loh ya! hehe. Katanya Mr. Acep sendiri sih, males kalo marah lama-lama sama murid, beliau lebih suka marah on the spot. Terus Mr. Acep juga ngomong kalo dia itu orang yang idealis. Menurut KBBI, arti kata idealis adalah orang yg bercita-cita tinggi, kalo gak percaya buka dan baca aja sendiri KBBI :p Eh kok malah bahas KBBI sih -_- Oke back to the topic, waktu aku ngamatin Mr. Acep ngajar, beliau nganggap semua murid ngerti apa yang diajarin, padahal tahu sendiri kan aku ini agak "dong-dong" kalau pelajaran fisika ._ . dan aku ngeliatnya beliau lebih fokus sama anak-anak yang pinter pelajaran fisika, tapi waktu itu.

Aku kesel banget sama Mr. Acep waktu beliau ikut-ikutan urusan keluarga aku. Sejak kelas X, minat belajar aku emang "nggak banget" alias males-malesan, apalagi pas pelajaran fisika, pasti aku bakal ketiduran. Sampe waktu pembagian rapot bayangan tengah semester aku dapet C di pelajaran fisika. Awkward banget. Banget!!! Akhirnya beliau manggil aku ke kantor, ternyata beliau ingin menelusuri apa penyebab aku ogah-ogahan kalo belajar. Dan aku kasi tahu aja, kalau mama aku lagi berantem sama papa dan sejak sebelum UN, mama tinggal di rumah saudaranya di Jakarta, jadi intinya aku ngerasa sepi dan nggak semangat kalo nggak ada mama. Aku kaget, waktu aku ceritain itu semua ternyata beliau udah tahu. Tahu dari mana coba? Ini masalah keluarga loh?! Aku juga gak tahu, beliau bisa tahu dari mana, makanya aku kesel banget sama beliau sejak saat itu. Beliau nasehatin aku panjang lebar, dan yang aku tangkep dari ceramahan beliau cuma "Keadaan gak boleh mempengaruhi kamu, Sir aja yang nggak ada mama nggak sedih, walaupun aslinya sedih tapi Sir sadar Sir gak boleh ........." kurang lebih itu, dan kata-kata yang terakhir aku nggak hafal beliau ngomong apa. Intinya walaupun nggak ada mama, aku harus tetep rajin belajar. Aku jengkel ketika beliau ngomong kayak gitu, bedalah kalau anak cewek sama anak cowok ditinggalin seorang mama, cewek kan lebih sensitif, apalagi aku orangnya manja banget kalo sama mama.

Seiring berjalannya waktu, perkataaan Mr. Acep ada benernya juga pikirku. Sampe kapan aku mau terus-terusan males belajar? Sampe mama aku ada di sampingku? Kalo mamaku nggak balik-balik gimana? Aku gak mau jadi anak malas. Akhirnya aku mutusin buat lebih niat dalam semua mata pelajaran, aku juga malu kalo fisikaku dapet C, dan aku gak mau ngulang itu. Miracle came in October. Mama aku pulang!!!!! Aku seneng banget + kangen kuadrat!!!! Karena kehadiran mama, aku jadi gak tidur lagi pas pelajaran fisika dan aku mulai mengejar ketertinggalanku. Semangat buat aku!!!

Sebelum pembagian rapot akhir semester satu, di kelasku ngadain sharing, tentang apapun, tentang perjalanan satu semester pokoknya. Mr. Acep sharing ke semua murid di kelasku tentang kehidupan keluarganya. Ternyata mamanya Mr. Acep meninggal sejak beliau masih kecil, pas kecil juga beliau ditinggal papanya merantau. Jadi beliau tinggal bersama neneknya. Beliau bilang, beliau nggak dapet kasih sayang dari mamanya sejak kecil, tapi karena ada nenek, neneklah yang menggantikan kasih sayang seorang mama untuknya. Hatiku miris dengernya, gimana caranya beliau kuat buat ngejalanin hari-harinya tanpa papa dan mamanya ya? sedangkan aku yang ditinggal mamaku, kira-kira cuma lima bulan aja udah males-malesan belajar. Dari SMP-kuliah beliau bisa dikategorikan ke dalam golongan anak-anak pintar. Yang paling mengejutkan, beliau baru bertemu papanya waktu beliau SMA! Kasihan banget kan :(

Sejak sharing itu, aku menganggap diriku bodoh sekali dalam menilai orang. Aku sadar aku salah menilai Mr. Acep. Aku kira waktu beliau ikut campur urusan keluargaku, beliau caper gitu, tapi kenyataannya enggak! Beliau care! Aku ngerasa bersalah banget waktu diajak ke kantor dan dinasehatin sama Mr. Acep aku malah jengkel sendiri, menganggap beliau gak peka. Tapi kenyataannya, pengalaman hidunya jauh lebih pahit dari apa yang aku rasain saat itu. Oke, aku minta maaf ke Mr. Acep dalam hati, emang sih pasti beliau gak bisa denger, tapi ya gimana ya....

Pembagian rapot akhir semester ganjil pun berlangsung. Aku dag, dig, dug banget nunggu hasilnya. Aku khawatir, apa ntar nilai fisikaku dapet C lagi ya? bisa malu nih, apalagi yang ngambil raport mama aku. Oke, stay cool Via! Nunggu mama keluar dari kelas lama banget. Mama dan Mr. Acep banyak cerita-cerita, serem ah kalo sampe Mr. Acep nyeritaiin kalo di tengah semester aku belajarnya males-malesan. Culik aku ke negri dongeng dong!!!! batinku saat itu. Setelah sampai di rumah, hasilnya................................................................... Nilai fisika aku nggak dapet C! hahahaha! Puji Tuhan. Nilai fisikaku jadi B- gapapa deh, yang penting nggak dapet C lagi, hihihihi. Meskipun nggak dapet C, aku harus ningkatin belajarku lagi, soalnya B- itu masih memalukan, walaupun nggak separah nilai C wkwkwkwk.






Comments

Popular posts from this blog

New normal Dicetuskan, Masyarakat Sudah Disiapkan?

"Kiri, Pak!" [PART.1]

Her Name Yola