Two Crybabies

I'm not gonna make you envy through this story, but if it happens, it's out from my responsibility. This story will explain you about two crybabies who against the world. How cruel the world treat them and how hard they try to survive.  One of them nowdays success to upside down the cruel world. She has proved that if you believe, somehow you will. Throughout her life, she becomes such an inspiration to her little sister. So here we are, the two crybabies.

As you know (if you ever read my post before about my sister, click here to read), aku dan kakak aku sekarang ldr. Cie ldr wkwk. Ga enak tahu ldr sama keluarga :" oke malah curcol. Hari ini adalah hari istimewa buat dia, ya bisa kalian tebak dengan mudahlah ya. Yup! Hari ulang tahunnya yang ke 12. Oke pembohongan publik, 21 rek. 21 tahun. 21!!!!

Nggak tahu lagi gimana cara ngungkapin betapa bersyukurnya aku punya kakak kayak dia. Biarkan aku mendeskripsikan dia dulu ya. Dia itu cantik luar dalam, penyabar serumah, lemah lembut, multitalenta, ramah, pokoknya tipe-tipe orang kayak dia itu bakal cepet banget disenengin semua orang, sayangnya banyak yg iri juga sama dia. Okay, biar aku ga dicap fans beratnya dia, aku bakal maparin "kejijiqan" yang dia punya. Dia pelupa ga banget sih, lemot, moody, sangat feminim, dulu jorok parah sekarang bersih parah (ya intinya aku ga suka yang berbau parah-parah), dulu waktu SMP penghuni terajin ruangan BK, dan sinting (ini akan terlihat kalau kalian deket sama dia).

Aku seneng banget melihat dan merasakan secara langsung proses kedewasaannya. Kalau dipikir-pikir, kayak ajaib banget dia bisa berubah segemilang itu. Dulu aku inget banget, pas jaman dia SMP, itu jaman-jaman pemberontakan. Rambutnya pernah diskinhead atau headskin sih? Ya itulah pokoknya, mungkin aku yang terlalu norak ya, tapi tetep aja orang norak juga bisa menilai kalau hal itu ga pantes dilakuin kalau dia masih duduk di bangku sekolah. Alhasil dia bersama salah satu sahabatnya yang sekarang aku panggil nona capung itu, dikasi hukuman sama guru di sekolah. Mereka hampir nggak boleh ikut UN sebelum rambut mereka balik kayak semula.

 Kalian tahu mereka gimana? Santai banget :" aku sebagai adeknya yang sengaja banget Tuhan jeblosin satu sekolah sama dia, cuma bisa menelan ludah karena malu. Oh iya, dulu kalau sekolah dia "cinta" banget sama guru BK makanya hampir tiap hari nongkrong di sana :" hmm tolong cerna maksudku baik-baik :"

Jangan salah, di balik segudang catatan merah yang dia punya, dia juga memiliki prestasi selemari, kalau segudang terlalu berlebihan sih. Perbandingan catatan merah vs catatan prestasinya hampir beti lah ya 1000: 999,1. Pokoknya dia punya banyak talenta, nyanyi iya, nari keren parah, ngemc juga jago, memikat hati para pria juga *yak... Gitu deh. 

Dia banyak menyabet juara menari dan fashion show. Di sekolah dia sering tampil gitu kalau ada lomba atau acara, aku sebagai adik introvert yang biasanya di belakang layar langsung bangga banget dan membusungkan dada, eaaa, saking bangganya gitu loh kalau kakak aku tampil. Biasanya aku juga dengan sok malu bakal mamerin dia ke temen-temen aku, dan ya temen-temen aku banyak yang jadi fans dia. Hmm aku juga pengen ngasi tahu kalau haters dia bejibun banget. Maklumlah ya orang mempesona selalu disirikin. Untung dia pretty cool dalam menanggapi haters ga jelas.

Jejak kedewasaan dia dimulai sejak dia ada di penghujung SMA sampai sekarang. Tuhan bener-bener ngizinin dia ditempa dengan segala cara. Singkatnya, dia optimis banget dengan mimpinya. Tapi Tuhan malah belokin setiap rencana yang dia susun. Dia sempet frustasi, stres, dan ya hancur banget hatinya. Di sini loh peran keluarga dibutuhin. Serapuh apapun dirimu, keluarga bakal nerima kamu apa adanya. Aku dan dia sudah membuktikannya. Apalagi kami ldr sama anggota keluarga yang lain. Bukan cuma keluarga sih, sahabat, dan pacar juga bisa menguatkan kita, tapi yang paling deket tetep keluarga. 

Aku mikir, kenapa pas dia udah bener sungguh-sungguh sama Tuhan, Tuhan malah ngasi kejutan-kejutan aneh di dalam hidupnya. Aku baru mengerti setelah akhirnya beberapa bulan lalu dia mulai menggapai mimpinya, jadi flight attendant salah satu maskapai milik negara. Aku bener-bener kagum banget dengan cara Tuhan bekerja lewat hidup dia, dan gimana perjuangan dia walaupun diremehin sama banyak orang dia tetep ga putus asa, bahkan waktu itu keadaan menghimpit dan dia tetap bertahan.

Sebelum dan on going proses mencapai mimpinya itu, kami berdua suka nangis bareng. Gatau kenapa ya, habis nangis berdua kami makin kuat. 

Aku suka sedih, dia selalu mengutamakan keluarga daripada dirinya sendiri. Misalnya aja, ada hal yang kurang di kosanku, dia bakal sidak dan ngomel-ngomel. Terus beliin semua hal bahkan yang nggak aku minta. Kadang aku juga nyesel suka minta novel yang nggak penting pun tetep dibeliin sama dia. Sungguhan, saking nggak pentingnya permintaanku aku sempet nangis karena dia selalu ngasih. Buat dia itu semua penting. Sekarang aku lebih memfilter setiap keinginanku, aku nggak mau ngerepotin dia.

Satu peristiwa yang bikin hati aku terenyuh lagi adalah waktu aku liburan ke daerah di mana dia kerja. Dia nggak mau biarin aku sendirian di kosannya. Selalu ada temannya yang bakal nemenin aku makan atau dia bakal nyuruh aku jalan-jalan sendiri seharian menggunakan uangnya dia. Sebenernya aku kan anak rumahan ya, wkwkw beneran heh! Jadi ga terlalu suka keluar rumah. Aku juga merasa diri aku udah gede, bisa ngelakuin semuanya sendiri tapi tetep aja dia ngelakuin hal itu.

Pas aku jalan-jalan sendirian dari pagi sampe malem juga dia bakal nggak putus buat setidaknya chat aku, sekadar mastiin aku udah makan atau lagi ngapain. Pulangnya pun aku dijemput. Padahal aku tahu dia baru banget pulang kerja. Dia harus kejebak macet, dan waktu itu kurang ajarnya aku lagi ngambek sama dia. Ngelihat perjuangan dia jemput aku ke salah satu tempat main yang aku kunjungin bikin aku terduduk di kursi belakang mobil sambil nangis. Nggak berani ngomong sama dia. Karena dia tulus banget ngerawat adeknya yang ga beradab ini.

Momen nangis bareng selanjutnya, dan paling terakhir kali kami lakukan sekitar beberapa minggu yang lalu. Dia lagi belajar di kosannya, dan aku baru dateng dari tempat mama. Sebelumnya kami ada cek-cok sedikit pada saat chat di WA. 

Dengan awkward aku masuk ke kosannya. Hening. Terus aku nangis karena aku nyesel sama kata-kata aku sendiri pas cek-cok tadi, terus ngeliat dia susah banget ngafalin materi bikin hati aku makin sakit. Beberapa detik kemudian dia nangis juga. Sumpil itu aku malu dan bingung banget, terus aku ke toilet buat nangis, ingus juga udah ngucur ke segala arah bikin jengah. Kemudian kami pun mulai ngobrol. Dia curhat betapa susahnya materi yang harus dia hafalin. Lagi-lagi cuma air mata yang bisa menjelaskan dan meresponi semuanya. Iya, dia bukan tipe orang yang suka menghafal, dia lebih jago praktik. 

Malem itu, aku sadar, it's okay to crying in front of people you trust. Mungkin itu bisa jadi prolog sebelum kamu membeberkan isi hatimu kepada lawan bicaramu.  Kami berdua cengeng, tapi bangga. Hahaha. Karena habis cengeng terbitlah tawa. Selalu begitu. Baiklah sekian.

お誕生日おめでとう, kaka Icha sayang! 💛 tetap jadi teman sepercengengan dan partner in crime diriku ya!

With ❤,
Viliabell

Comments

Popular posts from this blog

New normal Dicetuskan, Masyarakat Sudah Disiapkan?

"Kiri, Pak!" [PART.1]

Her Name Yola