Bunda Elang's Birthday

Hari ini tanggal 11 November *yaiyalah siapa yg gatau* oke oke, hari ini hari ultah wali kelas 12 IPA. Untuk merayakan hari ini dibutuhkan rentetan rencana setengah matang dan modal nekat sekaligus kreativitas dadakan. Mau tahu apa aja? Siapa tahu bisa jadi referensi buat hari ultah gurumu. Sayangi gurumu, minum yak**lt tiap hari (sambungan error). Ignore it!

1. Rencana awal disampaikan oleh Mamih-nya 12. IPA. Kalau inget rencananya dia, bikin hati linu dan otak deg-deg-ser. Mamih bilang, mending ngasi kado "baju basket" dengan dibubuhi tanda tangan para pemainnya. Fyi, wali kelasku hobi nonton basket. Hobi berat. Nah, aku mikir pas mamih bilang gitu, secara ultahnya wali kelasku udah ga lama lagi dan bayangin aja perlu koneksi dan waktu yang nggak lama buat ngewujudin impian sang mamih. Ayolah mamih, rasional dikit wkwkwk. Sebenernya ga mustahil sih buat ngewujudin itu, tapi sayangnya waktu terus melahap hari dan membuat itu sangat mustahil.
Kesimpulan, rencana pertama CORET.

2. Rencana kedua, bentar aku pikir dulu. Kelas 12 IPA ngadain rapat paripurna *wetsehhh!* lokasi di tempat duduk kelompok pojok belakang, strategis cuy! Nah, macem-macem deh pendapat rangers 12 IPA. Aku ngeliatin ampe mau netesin iler. Sampai akhirnya, entah Surya atau Ezra, atau Gunawan, atau siapalah ya, yg ngusulin buat beli sepatu as a gift buat Bunda Elang-sebutan buat wali kelasku yg unik itu.
Aku sempet ga setuju, karena aku mikir tahun lalu pas ngerayain ultah ex-wali kelas juga ngasi kado sepatu it's so boring. Nah pendapatku disanggah oleh siapa gitu lupa, dia bilang kalau Bu Gitta sepatunya udah ga layak. Fyi lagi, Bunda Elang tuh cuek sama penampilan. Aku yakin dia bukannya ga sanggup beli sepatu, ga ada waktu dan males perhaps. Jadi intinya sepatu adalah apa yg dibutuhkan Bunda Elang. Sanggahan tersebut sukses menggeser rasa tak setujuku.
Kesimpulan, rencana kedua CEKLIS.

3. Rencana ketiga. 12 IPA diskusi tentang kue ultah. Diskusi tentang kue ultah adalah hal yg paling aku takutin. Karena dulu pas ngerayain ultah ex-wali kelas ada sebuah tragedi yg menimbulkan milyaran kata bertubrukan bahkan sampe bercucuran air mata gara-gara kue ultah. Tolonglah otak, hapus memori itu!!! Huft. Semua pada bingung mau ngasi kue yg kayak gimana.
Terjadi sedikit adu pendapat di sini, tenang aja nggak sampe pertumpahan darah kok, cuma pertumpahan upil aja. Beberapa cowok ingin kue ultahnya dibuat oleh para cewek saja, sedangkan para cewek ingin kuenya langsung jadi saja mengingat waktu minim. Akhirnya, Pak Nando-wali kelas kedua dari 12 IPA, bilang "Bu Gitta itu suka yg simple-simple aja". Ucapan Pak Nando langsung menerangi jalan buntu bertajuk kue ultah dalam otak 12 IPA. Ada seseorang yg menyarankan, bikin kue ultahnya dari bola-bola coklat aja. Membuat bola-bola coklat bukanlah hal sulit untuk dikerjakan, jadilah beberapa cewek yg mengerjakan hal itu. Terima kasih kepada Yokhebed, Septu, dan Wince yang telah merangkai bola-bola coklat menjadi kue ultah yg mengesankan. 

4. Rencana keempat membuat video. Tak perlu cek-cok di bagian ini, semua langsung setuju. Yg ini bagian aku, dan puji Tuhannya temen-temen kooperatif banget. Makin klepek-klepek deh sama kalian (12 IPA). Walaupun nggak ada masalah sama persetujuan temen-temen, masalah hadir di plot lain dalam pembuatan video.
Pertama, adeknya Bunda Elang belum mengirim video. Padahal udah janjian dari beberapa hari menjelang ultah Bunda Elang dan waktu mengedit video udah mepet banget. Perasaan sebel, lelah dan bingung bertumpuk di benakku. Bersyukur banget, notifikasi line membuat semua perasaan itu berangsur minggat dari benakku. Adeknya Bunda Elang sudah mengirim video. Huft, akhirnya.
Kedua, aku kan ngedit pake laptopnya Hemas, pas jadwal ngedit terakhir, tepatnya hari Kamis, Hemas malah nggak bawa laptop ke sekolah. Sumpil itu bikin aku melorot dari tempat duduk. Aku cuma bisa menghela napas lalu tertunduk di bangku kelas. Aku mikir ya Tuhan kenapa pas hari terakhir Engkau memberi cobaan? Ini gimana coba. Resah dan gelisah *asek* melingkupiku pada saat itu. Hemas nangis, lah aku bingung, harusnya aku yg nangis gara-gara nggak bisa ngedit kok malah dia yg nangis. Oke aku anggap itu rasa empatinya buat aku wkwk.
Nyatanya aku salah. Dia ada sedikit masalah di rumah dan itu yg bikin dia ga bawa laptop. Aku berusaha nenangin dia dan bilang bahwa "udah gapapa kali. Santai aja." Padahal dalam hati aku mencak-mencak. Pas pulang sekolah, Hemas balik ke rumahnya dan mengambil laptop, dan rasanya itu kayak hujan es di gurun sahara, mengejutkan dan menyegarkan. Editing dilanjutkan.
Kesimpulan, rencana keempat CEKLIS.

5. Rencana kelima adalah menempelkan "HAPPY BIRTHDAY BU BRIGITTA NOVARISKA INDARTANTI" di balkon sekolah. Ini nih yg mesti punya modal nekat. Pertama aku nyuruh temenku cowok buat izin ke kepsek or wakasek, tapi dia malah ga berani. Ebuset dah susah amat. Ya udah aku menuruni tangga kelas sok berani lalu menuju ke kepsek yg kebetulan lagi sedikit nganggur. Aku ditemeni Angelica. Aku langsung angkat bicara, bahwa aku dan temen-temen mau nempel tulisan itu di balkon sekolah. Beliau bilang "apa hal positifnya kalo ditempel begituan?", aku yg kalo ngomong suka nyeplos langsung jawab "Untuk menunjukkan rasa kasih sayang kepada wali kelas" terus ada seorang guru lain yg nimpalin jawabanku dengan berkata "kan gak mesti kayak gitu, dengan kamu menghargai dia berbicara aja kamu udah nunjukin kasih sayangmu". Sumpil perkataan itu mempersulit banget, tapi aku dan Angel ga nyerah gitu aja. Beliau sempet ngasi pernyataan tersirat tidak setuju, tapi setelah Angelica membujuk akhirnya beliau membolehkan. Nunggu jawaban  beliau itu kayak nunggu hasil UN, bikin jantung loncat-loncat ga jelas.
TAPI..... ada tapinya. Huu cedih. Beliau bilang hanya boleh sampai jam break. Ya udahlah ya daripada ga boleh. Kami tanpa mikir langsung mengiyakan. Kami kembali ke kelas dengan sorakan yg luar biasa ga penting saking senengnya.
Kesimpulan, rencana kelima CEKLIS.
Setelah rencana sukses dirampungkan, rundown ultah Bunda Elang pun disusun.

HARI EKSEKUSI
1. Kejadian pertama.
spanduk "HAPPY BIRTHDAY BU BRTIGITTA NOVARISKA INDARTANTI" diikat di balkon. Spesifiknya di balkon 11 IPS & 12 IPA. Sebenernya itu spanduk bekas yg kami olah dengan cara menempelkan kertas berisi tulisan yg di atas tadi di bagian belakang spanduk yg masih polos. Spanduk yg sudah diikat itu sukses menyedot perhatian para murid dan guru yang berlalu-lalang. Ada beragam respon yg menghiasi pemandanganku. Mulai dari wajah guru yg sumringah kayaknya sih seneng sama itu spanduk, wajah adek-adek kelas yg terpukau wkwk, ada juga yg rela menahan langkahnya cuma buat lihat itu spanduk, tapi ada juga yg sebel ngeliat itu spanduk entah karena iri atau ga tau lah ya. Rasa bangga membumbung tinggi di udara.
Pas Bunda Elang mau menuju kelas, ia sempat melihat spanduk itu tapi belum terlalu jelas, ketika beliau ingin melihat lebih jelas ada seorang murid yg menyita perhatiannya dan itu bikin 12 IPA gaduh. Kami menganggap spanduk kami dikacangi coy. Hingga Bunda Elang hampir masuk kelas, kami langsung ngode "waduh ga dilihat nih", Bunda Elang langsung bingung dan beralih melihat spanduk. Beliau terkejut dan senang. Wah lega deh akhirnya beliau bisa lihat. Yeay!!!

2. Kejadian kedua. Terjadi sandiwara disengaja antara 12 IPA dan Pak Nando. Ketika kami lagi ngomongin printilan-printilan yg penting, Bunda Elang malah dateng lebih awal dari yg kami perkirakan. Akhirnya Pak Nando pura-pura ngajar dan kami pura-pura nanya tentang kisi-kisi buat sumatif. Bunda Elang belum curiga. Kegiatan dismiss pun dimulai. Bunda Elang dan yg lainya bermain game sedangkan aku sibuk mendokumentasikan hal saat itu dan mengatur kapan video tentang Bunda Elang diputar. 

3. Kejadian ketiga. Video diputar dadakan. Bunda Elang cukup terkejut. Nah pas part "special wishes from special people" berlangsung, ada seseorang yg sangat dekat dengan Bunda Elang, tapi Bunda Elang malah lama banget ngenalinya. Aku shock, orang yg nggak beliau kenali selama beberapa detik adalah adeknya sendiri. Adek yg beliau sering ceritain di kelas. Ya ampun, Bunda Elang!!!! Wkwkk. Ternyata beliau bilang berasa ga kenal karena rambutnya (adeknya) udah beda, setahu beliau rambut adeknya gondrong.

4. Kejadian keempat. Pemberian kado aku lakuin pas semua pada berdoa. Eh ga semua deng yg berdoa wkwkwk. Sumpil ga sopan banget. Terus aku minta tolong ke tetangga sebelah alias   murid kelas sebelah, Alfa namanya, buat gantian ngevideoin. Pemberian hadiah sukses membuat Bunda Elang speechless. Puji Tuhan. 

Tuhan bener-bener menyertai kegiatan ini. Wah sumpah terharu banget sama semua yg terjadi. Semua karena Tuhan ngizinin. Sayangnya salah satu anggota 12 IPA ga masuk. Ya, Septu. Septu nggak masuk gara-gara adeknya sakit. Yahhh :( GWVS buat adeknya Septu.

LOGO dari Ezra Dawolo



CIEEE Bunda Elang
12 IPA without Septu





 

Comments

Popular posts from this blog

New normal Dicetuskan, Masyarakat Sudah Disiapkan?

"Kiri, Pak!" [PART.1]

Her Name Yola